Tuesday, May 7, 2013

Menurut Islam, Apa yang Harus Dilakukan Ketika Gerhana?

Kali ini Aran Share akan membagikan informasi mengenai Menurut Islam, Apa yang Harus Dilakukan Ketika Gerhana? Nah, apa aja yang perlu disiapkan? Silakan baca artikel berikut ini.
sholat gerhana, salat gerhana, salat, solat

Hukum Shalat Gerhana

Menurut beberapa ulama, baik gerhana matahari maupun gerhana bulan, kita sunah mukaad untuk melakukan sholat. Boleh dilakukan berjamaah, maupun dilakukan sendiri.

Kapan Waktu Sholat Gerhana?

Shalat gerhana dimulai dari awal gerhana matahari atau bulan sampai gerhana tersebut berakhir. Hal ini  berdasarkan atas sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, “Oleh karena itu, bila kalian melihatnya, maka berdoalah kepada Allah dan shalatlah sampai kembali terang.” (Muttafaqun ‘alaihi).

Amalan yang Dikerjakan Saat Gerhana

Kita sebagai umat islam, tidak bisa hanya melihat gerhana saja. Kita harus melaksanakan amlan-amalan yang biasa dilakukan oleh Nabi dan para sahabatnya. Antara lain:
  1. Memperbanyak dzikir, istighfar, takbir, sedekah dan amal shalih. Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam,“Oleh karena itu, bila kaliannya melihat, maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, shalat dan bersedekahlah.” (Muttafaqun ‘alaihi)
  2. Keluar menuju masjid untuk menunaikan shalat gerhana berjama’ah, sebagaimana disebutkan dalam hadits,“Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam keluar menuju masjid, kemudian beliau berdiri, selanjutnya bertakbir dan sahabat berdiri dalam shaf di belakangnya.” (Muttafaqun ‘alaihi)
  3. Wanita keluar untuk ikut serta menunaikan shalat gerhana, sebagaimana dalam hadits Asma’ binti Abu Bakr Radhiallahu’anhuma berkata,“Aku mendatangi ‘Aisyah istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam tatkala terjadi gerhana matahari. Aku melihat orang-orang berdiri menunaikan shalat, demikian pula ‘Aisyah aku melihatnya shalat.” (Muttafaqun ‘alaihi)
  4. Jika dikhawatirkan akan terjadi fitnah, maka hendaknya para wanita mengerjakan shalat gerhana ini sendiri-sendiri di rumah mereka berdasarkan keumuman perintah mengerjakan shalat gerhana.
  5. Shalat gerhana (matahari dan bulan) tanpa adzan dan iqamah, akan tetapi diseru untuk shalat pada malam dan siang dengan ucapan “ash-shalâtu jâmi’ah” (shalat akan didirikan), sebagaimana disebutkan dalam hadits Abdullah bin ‘Amr Radhiallahu’anhuma, ia berkata: Ketika terjadi gerhana matahari pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam diserukan “ash-shalatu jâmi’ah” (sesungguhnya shalat akan didirikan). (HR Bukhâri)
  6. Khutbah setelah shalat, sebagaimana disebutkan dalam hadits, ‘Aisyah Radhiallahu’anha berkata: Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, tatkala selesai shalat, dia berdiri menghadap manusia lalu berkhutbah. (HR Bukhâri)

Tata Cara Sholat Gerhana

  1. Bertakbir, membaca doa iftitah, ta’awudz, membaca surat al-Fâtihah, dan membaca surat panjang, seperti al-Baqarah.
  2. Ruku’ dengan ruku’ yang panjang.
  3. Bangkit dari ruku’ (i’tidal) seraya mengucapkan: sami’allhu liman hamidah.
  4. Tidak sujud (setelah bangkit dari ruku’), akan tetapi membaca surat al-Fatihah dan surat yang lebih ringan dari yang pertama.
  5. Kemudian ruku’ lagi dengan ruku’ yang panjang, hanya saja lebih ringan dari ruku’ yang pertama.
  6. Bangkit dari ruku’ (i’tidal) seraya mengucapkan: sami’allahu liman hamidah.
  7. Kemudian sujud, lalu duduk antara dua sujud, lalu sujud lagi.
  8. Kemudian berdiri ke raka’at kedua, dan selanjutnya melakukan seperti yang dilakukan pada raka’at pertama.
Sumber:http://www.scribd.com/doc/9987281/Tatacara-Shalat-Gerhana (dengan pengeditan)
http://www.eramuslim.com/peradaban/pemikiran-islam/adi-nurcahyo-tatacara-shalat-gerhana.htm

2 komentar:

  1. Terimakasih banyak sudah mau share ilmu-nya ke pada kita semua.
    Artikel ini sangat luar biasa gan, sangat bermanfaat semoga kebaikan agan di balas oleh allah SWT.
    sekali lagi terimakasih gan, di tunggu artikel berikutnya. salam blogger "Samsoftware-Cyber"

    ReplyDelete
  2. @samsoftware iya makasih juga atas komentarnya

    ReplyDelete

Sebagai pembaca yang baik, silakan berkomentar.
Komentar tidak perlu memasukan verivikasi kode.
Mohon jangan membuat komentar spam.
Terimakasih :)

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
fixedbanner

Copyright © 2012. Aran Share - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz