Latest News

Indikasi Kerusakan Pada Komponen Jaringan

Indikasi Kerusakan Pada Komponen Jaringan. Huh, lemas banget habis pulang sekolah. Buka buku langsung belajar produktif, dan kalau ngga tau cari di internet. Kalau dah ketemu, tinggal dimasukin ke blog ini hehe. Nah, sekarang saya nemu nih, apa saja indikasi kerusakan pada komputer yang sering terjadi.


Indikasi kerusakan pada komponen jaringan saya uraikan sebagai berikut:
  1. Kerusakan pada kebel dan konektor jaringan
    Jika terjadi kerusakan pada kabel dan konektor jaringan yang disebabkan oleh suatu hal, solusinya kita lihat dahulu apakah kabel yang kita gunakan itu benar-benar tidak bisa digunakan lagi atau masih bisa, jika tidak kita perlu menggantinya dengan kabel dan konektor yang baru. Atau jika yang rusak itu hanya pada konektornya namun kabelnya masih dapat digunakan kita hanya perlu memgganti konektornya saja.

  2. Kerusakan pada Hub/ Switch
    Hub/switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan. Jika hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada hub dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation. Apabila lampu indikator power hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau ada gangguan pada komputer workstation tersebut.

    Jika terjadi kerusakan pada HUB maka pertama kita harus mengecek apakah HUB yang kita gunakan memang sudah rusak atau hanya mengalami gangguan saja, namun jika HUB yang kita gunakan memang benar-benar pasitif rusak maka kita perlu menggantinya dengan HUB yang baru atau dapat diperbaiki ke TACKAWA hehe promosi.kalau menurut saya lebih baik diperbaiki dulu, kalau udah mentok ngga bisa, baru beli lagi dnegan yang mereknya sama atau lebih bagus.
  3. Komputer tidak terdeteksi oleh komputer lainHal ini sering terjadi dikarenakan alamat digunakan dan IP yang kosong atau belum di atur dengan benar. Caranya, ganti IP address sehingga bisa terdeteksi oleh komputer lain. Selain itu kita juga bisa mengecek apakah komputer kita bisa terkoneksi dengan komputer lain dalam jaringan. Caranya:
    • Masuk ke Comand (klik star, di kotak search ketikan cmd)
    • Misalkan akan mengecek hubungan dengan komputer ber IP: 192.168.10.1
    • Ketikan di comand, ping 192.168.10.1
    •  Jika terhubung akan terlihat di bawahnya tulisan Reply from 192.168.10.1 ...... Jika tidak akan terdapat tulisan Request Time Out.
     
  4.  Tidak Muncul Local Area NetworkCoba instal drivernya dulu, biasanya masalhnya gitu hehehe..

  5. Tidak bisa buat saring dataMungkin karena pengaturan buat sharingnya belum di atur. Coba masuk ke Control Panel, kemudian pilih Network and Interent
  6. Kerusakan karena virus Trojan
    Jika environment jaringan anda terinfeksi oleh trojan virus yang menyebabkan system anda dibanjiri oleh program-2 berbahaya (malicious programs), maka jaringan akan mengalami suatu congestion yang mengarah pada kelambatan system jaringan anda, dan terkadang bisa menghentikan layanan jaringan.

    Anda memerlukan proteksi jaringan yang sangat kuat untuk melindungi dari serangan trojan virus dan berbagai macam serangan jaringan lainnya. Software antivirus yang di install terpusat pada server anti-virus yang bisa mendistribusikan data signature secara automatis kepada client setidaknya akan memberikan peringatan dini kepada clients.Anda bisa menggunakan software anti trojan apapun, dan saran saya, pilih yang terbaik.

Sebenarnya ada banyak Indikasi Jaringan Pada Komponen Jaringan. Tapi aku cuma baru tahu itu, mungkin yang mau nambahani silakan coment aja.

2 Responses to "Indikasi Kerusakan Pada Komponen Jaringan"

Sebagai pembaca yang baik, silakan berkomentar.
Komentar tidak perlu memasukan verivikasi kode.
Mohon jangan membuat komentar spam.
Terimakasih :)